TEKNIK ELEKTRO LINKS
Jl. LA Sucipto I No. 17 Malang 65125
Jawa Timur - INDONESIA
Telp: 081231784018
Email: 
info@teknikelektrolinks.com
Link Tepat Untuk Teknik Elektro
Teknik Elektro Links - Created using Dynamic HTML Editor 1.9 (Freeware)
Last Update: December 2015
Home | Prosedur Pemesanan | Panel Industri | Catatan Aplikasi | Download | Kontak | Blog Teknik Elektro Links
Instalasi Driver USB Relay / IO
Ketika modul USB-2REL dihubungkan ke PC/Laptop melalui port USB, maka sistem operasi Windows akan mendeteksi adanya piranti USB yang hadir di port USB. Selanjutnya, Windows akan melakukan proses enumerasi dengan tujuan untuk mengenali piranti USB yang baru hadir tersebut. Jika piranti USB tersebut dikenali, maka Windows akan menjalankan driver yang sesuai dan piranti USB pun siap digunakan.
Sesaat setelah modul USB-2REL terhubung ke port USB, maka mikrokontroler akan memperoleh suplai tegangan dan firmware di dalam memori program pun dijalankan. Firmware dalam mikrokontroler pun akan menjawab proses enumerasi yang dilakukan oleh Windows dengan menyetorkan ID-nya untuk dikenali oleh Windows.

Catatan: Modul USB-2REL menggunakan firmware implementasi USB buatan OBDEV (V-USB) yang telah banyak diimplementasikan oleh banyak perancang sistem mikrokontroler
karena menyediakan ID yang gratis untuk digunakan. Oleh karenanya, jika port USB yang digunakan untuk modul USB-2REL pernah digunakan untuk modul USB lain seperti USBASP misalnya, maka filter libusb akan mengenali USB-2REL sebagai USBASP. Hal ini tidak menjadi masalah karena implementasi firmwarenya sama dan modul akan tetap beroperasi dengan baik sebagai driver relay.

Akan tetapi jika Windows tidak mengenali ID dari USB-2REL sebagai piranti USB yang telah terinstalasi pada port USB, maka Windows akan menampilkan dialog instalasi driver seperti
screenshot berikut ini.
Pada dialog di atas, pilih "Install from a list or specific location (Advanced)" dan klik Next.

Selanjutnya arahkan folder pada folder
Driver USB-2REL yang ada di dalam CD dan klik Next. Maka proses instalasi driver pun akan berjalan secara otomatis. Dan jika tidak terjadi kesalahan, maka driver akan sukses diinstal dan modul USB-2REL siap digunakan.
Pada sistem operasi Linux dan Linux-Arm seperti pada single-board computer Raspberry Pi, driver tidak perlu diinstalasi karena paket driver LIBUSB telah terinstalasi secara default. Jadi modul USB-2REL bisa langsung digunakan. Gambar berikut adalah screenshot proses booting pada Raspberry Pi dimana Linux-Arm langsung mendeteksi modul USB-2REL.
Modul-modul USB Relay/IO buatan Teknik Elektro Links menggunakan library LibUSB oleh karenanya diperlukan proses instalasi driver LibUSB agar modul USB Relay/IO dikenali oleh sistem operasi dan dapat berinteraksi dengan program kontrol. Cara instalasi driver USB Relay/IO tidak jauh berbeda dengan driver-driver piranti USB pada umumnya.

Modul USB Relay/IO telah dilengkapi dengan driver yang terdapat pada CD bawaan modul. Berikut adalah penjelasan tentang proses instalasi driver modul USB Relay/IO dengan menggunakan contoh modul USB-2REL.

Testing
Windows
Linux dan Linux-ARM (Raspberry Pi)
Setelah driver terinstalasi dengan baik dan modul USB Relay/IO dikenali oleh sistem operasi, maka selanjutnya dapat dilakukan testing dengan menjalankan program-program kontrol yang ada pada CD bawaan modul.
Testing USB-2REL Menggunakan C
Testing USB-2REL Menggunakan Python
Testing USB-2REL Menggunakan REBOL
Demikian penjelasan singkat instalasi driver dan testing untuk modul-modul USB Relay/IO.

Salam sukses!


[
Kembali ke halaman Catatan Aplikasi ]
Testing USB-2REL Pada Raspberry Pi
HiStats