TEKNIK ELEKTRO LINKS
Link Tepat Untuk Teknik Elektro
Jl. LA Sucipto I No. 17 Malang 65125
Jawa Timur - INDONESIA
Telp: 081231784018
Email: info@teknikelektrolinks.com
Home :: Prosedur Pemesanan :: Panel Industri :: Catatan Aplikasi :: Download :: Kontak :: Blog Teknik Elektro Links
Panel Timer Mesin Filling
Panel Timer Mesin Filling adalah sebuah panel dengan sistem pewaktuan otomatis yang umum diterapkan pada mesin pengisian material ke dalam kemasan seperti air mineral, sirup, jus/sari buah, kecap, sabun cair, bubuk/tepung dan lain-lain.

Timer pada sistem ini bekerja pada mode
off-delay. Ketika tombol pemicu ditekan, maka sistem akan mengaktifkan output yang berupa relay untuk mengaktifkan proses pengisian selama waktu yang telah ditentukan. Setelah pewaktuan selesai maka sistem akan mematikan relay. Kontak relay digunakan untuk mengaktifkan solenoid valve.
Tombol pemicuan timer (warna hijau) bisa diganti (diparalel) dengan FOOT-SWITCH bilamana diperlukan. Sebagai contoh pada mesin filling yang membutuhkan kerja dua tangan dari operator mesin akan memerlukan sebuah FOOT-SWITCH sehingga operator bisa memicu sistem menggunakan kaki.
Box Panel yang digunakan adalah standar industri dengan kualitas bagus dengan ukuran 25x25x12 cm. Modul timer yang digunakan adalah modul timer NT103 yang menggunakan mikrokontroler AVR ATmega8 dengan tampilan 3-digit seven-segment + 1-digit satuan.

Panel dilengkapi 3 buah tombol operasional: dua buah tombol untuk setting timer
UP & DOWN dan satu tombol START.

Fungsi TIMER bisa diprogram-ulang sesuai dengan kebutuhan user. Misalnya, timer difungsikan untuk secara kontinyu melakukan OFF-DELAY dengan delay-time sebelum perulangan selama 3 detik.

Panel Timer Mesin Filling ini merupakan pesanan dari beberapa perusahaan pembuat mesin-mesin industri kecil seperti mesin packing dan mesing filling yang berlokasi di Kota Malang dan sekitarnya.

Berikut adalah spesifikasi panel timer selengkapnya.

- Box panel plat besi 25x25x12 cm
- Timer Digital NT103 dengan output relay 10A
- Display 3 digit + 1 digit satuan dan timing indikator
- Satuan pewaktuan: d=detik, n=menit
- Power driver berupa relay OMRON MK-2SP
- Pengaman MCB 2A
- Power Supply DC 1A 12V
- Tombol operasional: UP, DOWN, START

Harga Panel Timer
Rp. 1.200.000,-
[ Pesan Sekarang ]
Panel Bel Pabrik Zelio
Panel Bel Pabrik Zelio adalah sistem yang berfungsi untuk membunyikan sirine pada jam-jam yang telah ditentukan sebagai penanda dari awal atau akhir jadwal kegiatan di pabrik. Sistem menggunakan sirine tipe air-blowing dengan suara yang sangat lantang sehingga cocok untuk area yang luas dan bising.

Panel ini dirancang menggunakan
Zelio Smart-Relay produksi dari Schneider yang memiliki performa dan ketahanan tinggi serta kepresisian Real-Time Clock yang tinggi sehingga dapat diandalkan sebagai pewaktu atau timer bel.

Panel bel buatan kami juga didukung oleh komponen-komponen
industrial grade untuk memastikan reliabilitas dan durabilitas sistem secara keseluruhan. Kami menggunakan panel standar industri berukuran 30x40x15 cm dari bahan plat besi dengan powder-coating.
Spesifikasi panel bel pabrik:
- Kontroler: Zelio Smart-Relay (Schneider)
- Power driver: Kontaktor 18A
- Mini Circuit Breaker: 2A
- Sirine: 1 buah (air-blowing type)
- Panel plat besi 30x40x15 cm kualitas bagus
- Durasi bunyi bel dapat diatur sesuai permintaan
- Jadwal bel diprogram sesuai dengan permintaan

Panel bel zelio ini telah digunakan di beberapa perusahaan ternama di Indonesia antara lain Usaha Teknik Grafika dan Trakindo Sumbawa.

Untuk mengcover area yang sangat luas perlu ditambahkan beberapa sirine seperti pada area hangar produksi CV Usaha Teknik Grafika yang menggunakan 4 buah sirine.

Harga Panel Bel Zelio
Rp. 3.450.000,-
[ Pesan Sekarang ]
Panel Kontroler Suhu
Kontroler suhu yang digunakan pada panel ini adalah Temperature Controller Autonics tipe TC4Y. Sensor yang digunakan adalah Thermocouple dengan maksimum pengukuran suhu 300°C. Power driver panel bisa menggunakan relay atau kontaktor dengan kapasitas daya sesuai dengan kebutuhan aplikasi.

Panel ini sangat cocok digunakan untuk mengontrol suhu pada oven/autoclave. Selain itu juga bagus untuk otomatisasi blower fan pada gudang, ruang genset, rumah trafo atau ruang kompresor.

Panel dilengkapi dengan lampu pilot untuk indikator power dan indikator output. Lampu pilot power akan menyala jika panel dalam keadaan ON (terhubung ke jala-jala listrik). Lampu pilot output akan menyala jika kondisi output (heater) aktif (ON).
Panel kontroler suhu dibuat dengan komponen-komponen industrial sehingga menjamin reliabilitas dan durabilitas panel. Spesifikasi panel kontroler suhu selengkapnya adalah sebagai berikut:
- Temperature Controller Autonics TC4Y
- Industrial Panel 25x25x12 cm
- Pengaman MCB 2A atau menyesuaikan beban
- Power Driver relay MK-2SP atau Kontaktor
- Lampu Indikator Power
- Lampu Indikator Output
- Selector Switch Power ON/OFF
- Sensor suhu Thermocouple / RTD PT100

Harga Panel Kontroler Suhu
Rp. 1.750.000,-
[ Pesan Sekarang ]
Panel Pengaman Mesin Potong
Sistem pengaman diterapkan pada mesin pemotong pneumatik pada salah satu perusahaan vulkanisir ban di Kota Malang. Sistem ini berfungsi untuk mengamankan operator dari kelalaian yang bisa berakibat fatal seperti terpotongnya jari atau tangan.

Sistem pengaman mesin pemotong ini menggunakan sensor jarak ultrasonik yang mampu mengukur jarak dengan ketelitian 1 cm. Panel dilengkapi LCD 16x2 karakter untuk menampilkan
jarak terukur, jarak aman dan status. Untuk keperluan setting parameter disediakan dua tombol untuk menaikkan atau mengurangi jarak aman. Selain itu disediakan juga sebuah tombol untuk keperluan testing secara manual.
Secara kontinyu kontroler akan melakukan pengukuran jarak dengan area pengukuran depan pisau potong. Jika kontroler mendeteksi keberadaan operator pada jarak yang dikategorikan tidak aman, maka mesin pemotong tidak dapat dioperasikan karena kontroler menghambat jalur tekanan udara ke mesin pemotong. Tapi jika operator berada pada jarak yang aman dengan mesin, maka kontroler akan membuka jalur tekanan udara sehingga mesin bisa dioperasikan untuk memotong lembaran karet ban.
Untuk mendapatkan hasil pengukuran jarak yang baik, maka digunakan sensor ultrasonik PING))) Parallax yang memiliki kepresisian dan akurasi pengukuran yang tinggi. Modul sensor PING))) juga telah terbukti sangat handal untuk proses pengukuran yang dilakukan secara berulang-ulang dalam tempo berjam-jam sehingga dapat menjamin kehandalan kinerja sistem secara keseluruhan.

Jika Anda atau perusahaan Anda membutuhkan sistem pengaman pada mesin-mesin produksi demi terjaganya keselamatan karyawan, Anda dapat menghubungi kami melalui email ke
info@teknikelektrolinks.com.
Aplikasi Thermostat NR100 Sebagai
Pendingin Panel

NR100 adalah thermostat analog dengan mode operasional COOLING (pendingin). Thermostat ini sangat cocok untuk aplikasi seperti: pendingin panel listrik menggunakan sistem sirkulasi udara, kontrol otomatis fan radiator mobil, kontrol otomatis fan CPU/amplifier/pemancar, kontrol suhu bioreaktor dan lain-lain.

Selain itu
NR100 juga dapat difungsikan sebagai alarm suhu-tinggi atau overheated alarm yang bisa diaplikasikan pada ruang server, ruang genset, ruang kompresor, ducting dust-collecting system, motor listrik, dan lain-lain.
Gambar di samping adalah ilustrasi sederhana sistem pendingin panel listrik menggunakan 2 buah fan untuk menghasilkan sirkulasi udara. Udara luar panel yang diasumsikan lebih dingin dibanding udara dalam panel disedot masuk oleh fan INLET dan udara dalam panel di-blow keluar oleh fan OUTLET.

Dengan sistem ini maka akan terjadi sirkulasi udara dalam panel dimana udara panas dikeluarkan dan udara yang lebih dingin masuk ke dalam panel. Sehingga dengan demikian diharapkan suhu udara dalam panel selalu terjaga dari kondisi
overheated.
Ukuran fan tergantung dari ukuran box panel dan rangkaian dalam panel. Tersedia berbagai ukuran fan yang bisa digunakan. Yang terpenting adalah NR100 mampu menggerakkan kedua fan tersebut. Dan tidak perlu kuatir karena power-driver NR100 memiliki kapasitas maksimal arus 6A!
Gambar di samping ini menunjukkan diagram instalasi pendingin panel listrik menggunakan Thermostat NR100. Sangat sederhana tapi sangat bermanfaat.

Perhatian! Untuk lebih menjaga kebersihan dalam panel, jangan lupa menambahkan filter udara pada masing-masing lubang fan agar bagian dalam panel terjaga dari debu yang berlebihan.
Dengan adanya sistem pendingin panel seperti ini maka dapat diperoleh beberapa keuntungan yakni:
- sistem elektrik/elektronik akan bekerja optimal pada suhu yang aman (suhu kamar)
- mencegah terjadinya kondisi panas-lebih (overheated)
- memperpanjang usia sistem dalam panel
- mengurangi konsumsi daya karena fan hanya aktif ketika suhu melebihi batas yang telah ditentukan.

Links
Blogroll
Hubungi Kami
ATMEL
telinks
SMS/WA: 081231784018
WinAVR
linux forte
BBM: 746099CA
Raspberry Pi
raspberry pi notes
FB: www.facebook.com/telinks
USBinov
usbinov
Email: info@teknikelektrolinks.com
V-USB
LibUSB
teknikelektrolinks.com Webutation
Teknik Elektro Links - Link Tepat Untuk Teknik Elektro
(C) 2016 Median